Senin, 11 Januari 2010

Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  01.18 No comments

Oleh: Imas Aulianingtyas
NIM: 0906854


Sekarang ini sudah banyak negara-negara Eropa yang sudah maju dan berkembang pesat. Terutama dunia fashion yang sangat digemari para penikmat mode hamper di seluruh belahan dunia. Dunia fashion ini juga sudah semakin berkembang di negara – negara Eropa diantaranya Inggris, Perancis dan Amerika. Di Jerman pun tidak kalah hebatnya dengan negara – negara Eropa lainnya. Dunia Fashion di Jerman ini sudah sangat maju seiring berjalannya waktu. Contohnya di Berlin. Di pusat ibu kota Jerman ini diadakan pergelaran Mercedes Benz Awards Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009.


I. Pelaksanaan Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009

Dalam semalam, Berlin sukses menjadi pusat perhatian dunia. Tidak sebanyak Paris ataupun New York, tapi cukup membuat namanya diperhitungkan dibelantika mode dunia. Pelaksanaan Berlin Fashion Week Spring Summer 2009 menjadi titik tolak perkembangan Jerman sebagai pusat mode. Para pelaku mode Berlin kini bisa mulai tersenyum bangga karena kerja kerasnya selama dua tahun kebelakang terbayar. Mereka tidak akan lagi dipandang sebelah mata, kendati baru beberapa kali mengadakan ajang fashion week. Kemajuan itu dibuktikan dengan adanya penganugerahan award bagi insane mode, yakni Mercedes Award.


II. Penghargaan Mercedes – Benz Berlin Fashion Week

Penghargaan hasil kolaborasi dengan majalah mode Elle tersebut memberikan trofi pertama kali pada desainer Jerman yang telah melegenda, Karl Lagerfeld. Presentasi inaugural Elle Fashion Star Award (Mercedes Awards) tersebut sekaligus menjadi perayaan 20 tahun Elle Jerman pada perhelatan Mercedes-Benz Berlin Fashion Week.Karenanya,ajang tersebut sontak menjadikan Berlin layaknya Hollywood. Tempat semua selebriti dan glitter – ratimode berkumpul.

Tak heran bila dalam acara tersebut,untuk pertama kalinya 20 perancang busana kenamaan dunia berbagi runway yang sama. Fashion show ini berlangsung eksklusi dengan kehadiran para seleb yang duduk di barisan depan, seperti halnya Annie Lennox, Claudia Schiffer, Boris Becker, Maria Furtwängler, dan Kim Cattrall.

Setelah menerima Mercedes Awarduntuk kategori Platinum, Lagerfeld yang juga direktur kreatif rumah mode Chanel mengharapkan Berlin Fashion Weekuntuk terus berkembang hingga bisa menjadi salah satu pergelaran penting dalam agenda mode internasional. “Dengan begitu, Jerman bisa kembali menjadi kota mode berpengaruh seperti di era 20-an,sebelum Perang Dunia II berlangsung,” tutur Lagerfeld yang mengatakan dirinya kini tengah menyusun buku mengenai hal itu.

Selanjutnya Mercedes Awards untuk kategori Best Collection diraih Raf Simons. Desainer Belgia ini mendapatkan penghargaan berkat rancangannya yang inspiratif dan menjadi acuan banyak desainer lainnya. Adapun di kategori New Comer,Mercedes Awards dianugerahkan kepada duo desainer Tommaso Aquilano dan Roberto Rimondi yang kini menjadi nakhoda label 6267.

Penghargaan yang diterima keduanya sekaligus menjadi bukti bagi dunia internasional bahwa duo anak ajaib ini pantas memimpin rumah mode Gianfranco Ferre, sepeninggal Larrs Nilsson. “Kami sangat bangga dan berbahagia bisa menyelenggarakan penganugerahan Mercedes Awardsini.Acara ini menjadi agenda terpenting selama penyelenggaraan Berlin Fashion Week,” tutur Director Global Marketing Communications Mercedes-Benz Dr Kristina Hammer.


III. Kesuksesan Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009

Mercedes Awards memang istimewa.Sekaligus menjadikan Berlin Fashion Week sebagai perhelatan spesial bagi pelaku mode Jerman. Namun, hal itu tidak akan terlaksana tanpa adanya campur tangan nama besar Mercedes- Benz yang menjadi penyelenggara acara Brand yang lekat dengan simbol kendaraan prestisius ini memang telah berkomitmen pada dunia mode selama lebih dari satu dekade.
Menjadikan dirinya lebih dari sekadar partner bagi penyelenggaraan pekan mode internasional. Pabrikan mobil premium ini pun sukses menghadirkan kota-kota mode baru, seperti halnya New York,Los Angeles, Berlin, Miami, serta Meksiko. Bahkan ketika tidakmenjadi sponsor utama, Mercedes-Benz tetap ikut ambil bagian dengan mendukung pergelaran- pergelaran akbar yang dihelat di Milan, Stockholm, Amsterdam, serta beberapa kota lain di dunia.

“Orang - orang sangat menyukai hal-hal yang bisa menghubungkan dengan gaya hidup mereka. Karena itu, kami bekerja keras mewujudkan Mercedes-Benz sebagai brand yang bisa mengakomodasi gaya hidup para konsumen, salah satunya fashion.” sebut Vice-President Brand Communications Mercedes-Benz Cars Dr Olaf Göttgenns.

Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009 adalah salah satu pergelaran fashion di Jerman yang sangat istimewa. Kemajuan ini dibuktikan bukan hanya dari pergelaran fashion saja tetapi penganugerahan award bagi insan mode, yakni Mercedes Awards. Pergelaran ini juga melahirkan desainer muda yang patut ditiru oleh desainer lainnya. Acara Mercedes awards ini sangat mengagumkan sekaligus membawa Berlin Fashion Week Spring/Summer 2009 ini sebagai pergelaran istimewa bagi pelaku mode Jerman. Ditambah dengan bergabungnya Mercedes Benz sebagai Brand yang telah menjadi simbol kemewahan negara - negara di Eropa. Berlin Fashion Week Spring/Summer sukses memberi warna baru dunia fashion bagi perkembangan mode di Jerman. Tidak hanya di Perancis saja yang bisa membuktikan dunia fashion nya maju, tetapi sekarang di Jerman telah membuktikan bahwa Jerman juga negara fashion.


Kurniawan Kodrat. 2008. “Nama Besar Di Balik Berlin Fashion Week” [online]. Tersedia: http//www.google.com [02 Agustus 2008]

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top