Senin, 11 Januari 2010

Tokio Hotel, Band Jerman Yang Meroket

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  01.20 No comments

Oleh: Mochamad Wahyu Hidayat
NIM: 0906949


Tokio Hotel merupakan salah satu band jerman yang saat ini paling digemari oleh anak-anak muda di Jerman. Meskipun usia mereka masih muda, mereka mampu bersaing di kancah persaingan band internasional yang didominasi oleh band-band yang berasal dari Amerika Serikat dan Inggris. Penulis mencoba untuk mengupas secara singkat tentang band ini.

Tokio Hotel didirikan di Magdeburg, Leipzig, Jerman, pada tahun 2001 oleh Bill Kaulitz (vokalis), Tom Kaulitz (gitaris), Gustav Schäfer (penabuh drum), dan Georg Listing (basis). Tom dan Bill merupakan saudara kembar identik. Mereka berempat bertemu di sebuah festival musik di sebuah kelab di Magdeburg. Awalnya band ini bernama Devilish, lalu berganti nama menjadi Tokio Hotel. Mereka menggunakan kata Tokio karena kecintaan mereka terhadap kota Tokyo (tokio merupakan ejaan dalam bahasa jerman untuk mengucapkan kata “tokyo”) dan menggunakan kata hotel karena selama mereka melakukan tur, mereka tinggal di hotel.


Aliran Musik

Menurut artikel di surat kabar Frankfurter Rundschau
“Aliran musik mereka merupakan pop-rock yang secara langsung bercampur dengan melodi yang mudah diingat dan juga campuran unsur-unsur balada romantis dari Metallica”.

Menurut seorang peninjau dari ABC
“ Lirik-liriknya kental dengan kesan emo, dikemas dalam sebuah aliran pop-rock yang flamboyan, dan juga berkisar dari lagu-lagu pop yang mudah diingat, hingga balada rock dari lagu ke lagu, mengikuti Rolling Stone”.

Menurut Hot Music
“Band asal Jerman ini mengusung genre pop rock-emo. Penampilan sang vokalis yang cute tapi nyentrik sukses menarik perhatian. Khususnya bagi penggemar perempuan. Karakter vokalnya? Tentu tak perlu diragukan lagi.”

Penulis setuju dengan apa yang diutarakan oleh beberapa pendapat diatas mengenai aliran musik yang diusung oleh Tokio Hotel.


Bill Kaulitz

Bill Kaulitz lahir pada 1 September 1989 di Leipzig, Jerman Timur. Ia dilahirkan sepuluh menit setelah saudara kembar identiknya, Tom, lalu Simone Kaulitz, seorang penjahit lepas, dan Jörg. Kedua orangtuanya bercerai ketika ia berusia tujuh tahun, dan ibunya menikah dengan Gordon Trümper, seorang gitaris dari band rock Jerman, Fatun. Ayah tirinya telah menginspirasi Bill dan saudaranya untuk memulai karier musik mereka, dan mereka mulai menulis lirik lagu. Bill telah menyatakan bahwa pengaruh musik terbesar adalah artis pop jerman Nena.


Tom Kaulitz

Tom Kaulitz lahir pada 1 September 1989 di Leipzig, sepuluh menit sebelum saudara kembar identiknya, Bill. Gaya berpakaiannya terlihat seperti musisi hip-hop, model rambutnya gimbal dan menggunakan topi besar produk dari New Era Cap Company. September 2007, Tom menggunakan gitar Gibson. Dia menyatakan bahwa yang menjadi pengaruhnya dalam bermusik adalah Aerosmith dan musisi hip-hop Jerman seperti Samy Deluxe


Georg Listing

Georg Listing lahir pada 31 Maret 1987. Kampung halamannya adalah Halle. Dia mulai bermain bass ketika ia berusia tiga belas tahun. Pada September 2007,ia menggunakan gitar bass Sandberg. Ia mengatakan bahwa permainan bassnya sangat dipengaruhi oleh Flea dari Red Hot Chili Peppers, dan juga pengaruh musik lainnya,termasuk Die Ärzte dan Oasis.


Gustav Schäfer

Gustav Schäfer lahir pada tanggal 8 September 1988 di kota kelahirannya Magdeburg, dan memiliki seorang kakak perempuan. Gustav telah bermain drum sejak ia berusia lima tahun. Dalam bermain drum, ia terpengaruh oleh Metallica, Joe Cocker dan Rod Stewart.


Album

1. Schrei (2005)

2. Zimmer 483 (2007)

3. Scream (2007)

4. Humanoid (2009)


Tur 1000 Hotel

Tur 1000 hotel dimulai pada tanggal 3 Maret 2008 di Brussels dan terus ke lokasi-lokasi lain, termasuk Belanda, Luksemburg, Perancis, Spanyol, Portugal, Italia, dan Skandinavia. Tur ini dijadwalkan akan selesai pada tanggal 9 April, namun, selama konser di Marseille, Perancis, pada tanggal 14 Maret, Bill mulai mengalami masalah suara. Pada konsernya saat itu, dia membiarkan penonton lebih sering bernyanyi daripada biasanya. Dari 21 lagu yang telah ditetapkan, mereka hanya memainkan 16 lagu. Bill meminta maaf dalam bahasa Jerman, karena ia menyanyi dengan buruk dan ia menjelaskan bahwa ia sakit. Dua hari kemudian, mereka membatalkan konser di Lisabon, Portugal, beberapa menit sebelum konser itu seharusnya dimulai. Sisa dari Tur 1000 Hotel dan Tur Amerika Utara yang sudah dijadwalkan, dibatalkan setelah pengumuman dalam Bild (Surat Kabar di Jerman) oleh manajer mereka. Bill Kaulitz harus menjalani operasi untuk menghilangkan kista di pita suaranya.



Menurut Dr. H. Nurbaiti Iskandar mengenai kista di pita suara,

“Kista sering ditemukan di laring, dan dapat dibagi dalam kista epidermoid, kista retensi dan kista limfe. Menurut lokasinya kista ditemukan di pita suara, pita suara palsu, epiglotis maupun di valekula. Kista yang terdapat di pita suara umumnya kecil, acap kali multipel dan tumbuh di bagian subglotik dari pita suara. Dengan pemeriksaan -laring-tak langsung sukar dibedakan dengan polip, karena tampak putih mengkilat.

Dengan mikrolaringoskopi tampak warna kekuningan melalui selaput lendir yang mengkilat, dan kadang-kadang tampak kristal kolesterin di dalam kista itu. Penyebab terjadinya kista ini belum jelas, tetapi sering disebabkan oleh trauma pada waktu intubasi dan terdapat di komisura anterior. Mungkin juga ditemukan kista retensi di pita suara, biasanya disebabkan oleh laringitis kronis.

Kista yang terdapat di pita suara palsu kebanyakan ditemukan pada penderita antara 50-60 tahun, sebagai akibat proses degenerasi saluran kelenjar yang terdapat pada selaput lendir pita suara palsu. Pada mikrolaringoskopi kista ini mudah dikenal, seperti kantung putih dan anyaman pembuluh darah, mungkin ditemukan pada kedua belah pita suara palsu. Pada perabaan terasa bahwa kista ini lunak. Kista di pita suara palsu ini ialah kista retensi yang berasal dari sinus Morgagni. Kista yang terdapat di epiglotis ialah kista limfe, umumnya tumbuh di plika ariepiglotik, biasanya kecil dan dengan demikian tidaklah sukar untuk mengeksterpasinya. Kista yang terdapat di valekula biasanya besar, menutup seluruh valekula, sehingga menyebabkan gangguan menelan. Mudah mengetahui adanya kista ini oleh karena warnanya yang khas kekuning-kuningan dan anyaman pembuluh darah yang jelas tampak. Kista ini akan mudah residif apabila pada eksterpasinya tidak tuntas semuanya dikeluarkan.”


Bill Kaulitz telah menunda ketagangan/tekanan pada suaranya setelah melakukan 43 konser pada Tur 1000 Hotel tanpa liburan. Dia harus menjalani operasi Laring pada 30 Maret untuk menghapus kista yang terbentuk pada pita suaranya. Kista yang terbentuk adalah hasil dari infeksi tenggorokan yang tidak terawat. Setelah operasi, Bill tidak dapat berbicara selama dua belas hari, dan ia melakukan proses vokal rehabilitasi selama empat minggu. Jika pada saat itu Bill terus menyanyikan selama sisa tur, maka pada akhirnya suaranya akan menjadi rusak secara permanen. Tokio Hotel mulai tampil lagi pada Mei 2008. Setelah itu mereka memulai kembali bagian kedua dari Tur 1000 Hotel di Eropa.


Simpulan

Meskipun mereka masih sangat muda, tapi mereka mampu unjuk gigi di kancah internasional. Mereka sudah banyak memenangkan penghargaan dari MTV. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi sekelompok anak muda berusia 20 tahun-an. Kita patut mencontoh mereka, tak hanya di bidang musik, tapi juga di bidang yang lain. Jika ada diantara anda yang mempunyai hobi menulis, maka kembangkanlah hobi menulis kalian, siapa tahu kelak anda akan menjadi penulis yang terkenal. Tidak memiliki bakat dalam bidang tertentu bukanlah sebuah alasan untuk tidak bisa berprestasi.



Referensi

Natallova, Torie. 2010. “Humanoid: Emosi 'Automatic' Ala Tokio Hotel” [online]. Tersedia: http://music.detikhot.com/read/2010/01/08/151222/1274431/217/humanoid-emosi-automatic-ala-tokio-hotel [8 Januari 2010]

Iskandar, Nurbaiti. “Pemakaian Mikroskop Pada Diagnostik & Bedah Laring” [online]. Tersedia: http://www.kalbe.co.id/files/cdk/files/08_PemakaianMikroskopPdDiagnostik.pdf/08_PemakaianMikroskopPdDiagnostik.html [26 Desember 2009]

“Tokio Hotel” [online]. Tersedia: http://en.wikipedia.org/wiki/Tokio_Hotel [26 Oktober 2009]

[online]. www.google.co.id

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top