Senin, 11 Januari 2010

OKTOBERFEST, FESTIVAL TERKENAL DI JERMAN

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  01.54 No comments

Oleh Syarrah silvia NIM 0907017 Pendidikan Bahasa Jerman

Jerman merupakan negara Eropa yang memiliki cukup banyak kebudayaan.

Menurut Parsudi Suparlan (2003) :
Kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman bagi tingkah lakunya.

Kebudayaan juga merupakan hasil dari cipta, karsa, dan karya manusia, dan juga dapat dijadikan suatu wadah untuk mengekspresikan ide dan kemampuan yang kita miliki.

Kebudayaan yang sangat beragam di Jerman mulai dari tarian tradisional sampai dengan festival sangat menarik untuk di lihat. Salah satu festival yang paling terkenal di Jerman adalah festival yang bernama Oktoberfest. Selain itu, Oktoberfest juga merupakan festival terbesar di dunia. Oktoberfest mulai di selenggarakan pada tahun 1810 sampai dengan sekarang.


Apa itu Oktoberfest?

Oktoberfest adalah festival dua mingguan yang diadakan setiap tahun di suatu daerah yang di namakan Theresienwiese atau lebih di kenal dengan nama “D’ Wiesn”, yang berada di Mϋnchen, Bayern, Jerman. Festival ini biasanya diadakan pada bulan September dan awal Oktober. Acara ini berlangsung selama 16 hari sampai dan termasuk hari minggu pertama di bulan Oktober. Jika hari minggu pertama jatuh pada tanggal 2 Oktober, maka acara Oktoberfest dilanjutkan sampai tanggal 3 Oktober, bertepatan dengan hari Persatuan Jerman.


Tujuan Oktoberfest

Oktoberfest bukan hanya bertujuan untuk melestarikan minuman khas jerman saja yaitu bir, tetapi juga untuk melestarikan budaya Jerman agar tidak luntur ‘di makan’ zaman. Oktoberfest juga adalah salah satu cara untuk mempersatukan bangsa-bangsa di Jerman, juga untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang budaya yang ada di Jerman. Selain itu, acara Oktoberfest juga bertujuan untuk mengundang wisatawan lokal dan mancanegara untuk mengunjungi festival tersebut dan menambah devisa negara.


Acara yang ada dalam Oktoberfest

Pada tahun 1810 Oktoberfest diadakan untuk meryakan pernikahan Raja Ludwig 1 dan Putri Therese dengan mengadakan pesta bir, produksi yang paling terkenal saat itu. Acara yang diadakan dalam Oktoberfest di zaman sekarang seperti pasar malam, ada komedi putar, rumah hantu, jet coaster, arena menembak, dan lain sebagainya. Tetapi pesta minum bir tetap tidak terlupakan dalam acara Oktoberfest. Bir merupakan pusat perhatian utama dalam festival ini.
Pembukaan festival ditandai oleh pembukaan tangki bir oleh Walikota Mϋnchen dengan mengatakan “O’ zapft ist !” yang berarti “telah dibuka !”. Bir yang disajikan adalah bir yang istimewa yaitu bir yang memiliki rasa dan kandungan alkohol yang lebih pekat dan keras seperti Paulaner, Augustiner, Franziskaner, Loewen Braeu, dan lain segainya.. Bir ini disjikan dalam gelas berukuran satu liter yang di sebut Maβ. Gelas pertama diberikan kepada Mentri Bayern. Hanya produsen lokal saja yang diizinkan untuk menyajikan bir ini di suatu tenda penyajian bir yang cukup besar yang di sebut Biergarten (tempat minum bir) dan halaman untuk peminum bir yang dapat menampung sampai dengan enam ribu orang.


Yang hadir dalam Oktoberfest

Selain Walikota dan masyarakat biasa, keramaian festival ini pun tidak disia-siakan oleh para selebritis Jerman dan para pemain sepak bola di sana. Beberapa artis dan para pemain Bayer Munchen juga berdatangan untuk menghadiri dan turut memeriahkan festival tahunan ini.


Kesimpulan

Oktoberfest adalah sarana warga Jerman untuk berkumpul, berpesta, dan melestarikan budaya yang di wariskan turun-temurun. Kini tidak hanya negara Jerman saja yang mengadakan acara Oktoberfest ini, tetapi negara-negara lain juga banyak yang mengikuti festival semacam ini, bahkan dengan nama yang sama.
Jadi, tidak boleh melupakan budaya bangsa kita dan harus tetap melestarikannya.



Referensi

Suparlan, Parsudi. 2003. “Hubungan Antar Suku Bangsa”. [online]. Tersedia :
http://www.google.com
http://www.wikipedia.com/gwt/x?q=oktoberfest+festival+bulan+oktober+di+jerman&hl=en&ct=res&oi+blended&sa=X&ei=L7h?GS7DyKIiE6QPNsJ1S&cd=3&resnum=3&source=m&rd=1&u=http%3A%2F%2Fid.wikipedia.org%2Fwiki%2FOktoberfest

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top