Minggu, 10 Januari 2010

SEPAK BOLA JERMAN

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  22.49 No comments

OLEH: DJAENAL RACHMAT FAZAR
NIM: 0906728


Sepak bola,siapa yang tidak mengenal olahraga yang paling digemari di seluruh penjuru dunia ini,selain olahraga yang menyehatkan,sepak bola merupakan sebuah hiburan yang paling digemari di seluruh penjuru dunia,bahkan sepak bola saat ini dapat dijadikan sebagai mata pencaharian di sebagian Negara,hal ini tidak aneh karena gaji dari seorang pemain sepak bola dapat mencapai hingga 1 milyar rupiah sepekan.

Jerman,sebuah Negara yang beribukotakan Berlin ini juga terkenal sebagai Negara yang fanatik dengan sepak bola.bahkan Negara jerman merupakan sebuah Negara yang memiliki tim nasional yang sangat tangguh dan juga ditakuti oleh tim nasional Negara lain.

Tim nasional Jerman
Tim nasional Jerman adalah tim yang merupakan perwakilan dari Negara Jerman di ajang kejuaraan internasional.Jerman merupakan Negara yang paling banyak mengikuti kejuaraan internasional.

“Tim Jerman dikenal sebagai kesebelasan spesialis turnamen. Tim ini dinilai memiliki napas panjang yang sangat dibutuhkan sebuah kesebelasan dalam keikutsertaan dalam kejuaraan yang berlangsung lama. Kerap, di awal turnamen, tim Jerman belum menunjukkan kemampuan terbaiknya. Namun, setelah dua-tiga pertandingan, tim ini menjadi sangat hebat dan menakutkan lawan-lawannya. Itulah sebabnya, tim ini juga sering dijuluki mesin diesel, yang lambat panasnya” (wikipedia//2009).

Julukan tersebut mungkin keluar karena meskipun Tim Jerman sering mengikuti kejuaraan internasional,namun tim Jerman sering kali gagal disaat partai final,hal ini disebabkan kerap kali tim Jerman selalu bermain seperti mesin yang terlalu panas sehingga menyebabkan permainan tim Jerman kerap tidak terkontrol dan bahkan terkesan acak-acakan.Hal ini bisa dilihat ketika partai final Piala Eropa 2008,saat itu tim Jerman menghadapi tim Spanyol dimana akhirnya tim Spanyol yang keluar sebagai pemenang di partai final tersebut,padahal banyak pengamat yang memprediksi tim Jerman yang keluar sebagai pemenang dalam partai final tersebut,hal ini dikarenakan karena pada partai semi final sebelumnya tim Jerman mengalahkan tim Turki dengan permainan yang sangat baik.

Prestasi tim nasional Jerman
Prestasi tim nasional jerman sangat banyak,bahkan muncul ungkapan "Deutschland über alles in der Welt" atau "Jerman di atas segala-galanya di Dunia".(wikipedia/2009)ungkapan tersebut mungkin keluar karena seiring dengan banyaknya prestasi tim Jerman saat mengikuti kejuaraan Piala Dunia, Jerman sudah tampil di putaran final 16 kali, yaitu tahun 1934, 1938, 1954, 1958, 1962, 1966, 1970, 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, dan pada tahun 2006 Jerman bertindak sebagai tuan rumah. Prestasi terbaik mereka adalah saat menjadi juara pada Piala Dunia 1954, 1974, dan 1990.

Jerman telah meraih gelar juara pada 1954, 1974, dan 1990. Jerman juga sempat maju ke babak final pada 1966 (dikalahkan Inggris 2-4), 1982 (dikalahkan Italia 1-3), 1986 (dikalahkan Argentina 2-3), dan 2002 (ditundukkan Brasil 0-2).

Gelar juara ketiga diraih Jerman pada 1934 dan 1970. Pada 1934, gelar itu diperoleh Jerman lewat kemenangan atas Austria dengan skors 3-2 ketika kejuaraan akbar ini diselenggarakan di Italia. Di Meksiko, 1970, Jerman menang tipis 1-0 dari Uruguay di perebutan tempat ketiga. Sedangkan pada tahun 2006, di Jerman, Jerman kembali meraih juara ketiga setelah mengalahkan Portugal 3-1.

Gelar juara keempat mereka peroleh tahun 1958. Posisi itu diperoleh setelah mereka dikalahkan Prancis 3-6 dalam perebutan posisi ketiga, saat kejuaraan itu diadakan di Swedia.

Di tahun 1938, Jerman tidak mampu lolos dari babak penyisihan. Sedangkan pada 1978, mereka hanya sampai putaran kedua. Sementara pada 1962, 1994, dan 1998, Jerman terhenti di perempat final.

Tim nasional wanita Jerman
Selain memiliki tim nasional pria yang ditakuti oleh Negara lain,Jerman juga memiliki kesebelasan wanita yang cukup tanggguh.

“Tim nasional wanita Jerman adalah tim sepak bola wanita yang mewakili Jerman dalam kejuaraan sepak bola internasional.”(wikipedia/2009). Mereka telah dua kali menjuarai Piala Dunia Wanita FIFA sejak kejuaraan ini digelar pada tahun 1991 di RRC yaitu pada tahun 2003 di California, Amerika Serikat (mengalahkan Swedia 2-1) dan pada tahun 2007 di Shanghai, RRC (menundukkan Brasil 2-0). Dengan demikian Jerman menjadi tim pertama yang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia Wanita FIFA.
Jerman telah tiga kali mencapai final Piala Dunia Wanita FIFA, pertama kali pada tahun 1995 di Stadion Råsunda, Solna, Swedia, tetapi dikalahkan oleh Norwegia di final dengan skor 2-0. Delapan tahun kemudian di Stadion The Home Depot Center, Carson, California, Amerika Serikat mereka berhasil meraih juara dengan menghempaskan Swedia 2-1 melalui golden goal; dan di tahun 2007 Jerman berhasil mempertahankan gelar dengan melindas Brasil di Final 2-0. Sewaktu turnamen ini dimulai pertama kali di RRC pada tahun 1991, Jerman merebut tempat keempat setelah dikalahkan Swedia 4-0 di Stadion Provinsi Guangdong, Guangzhou, RRC.

Di turnamen Piala Dunia Wanita FIFA U-19 yang pertama kali diselenggarakan di Edmonton, Provinsi Alberta, Kanada, Jerman merebut tempat ketiga dengan mengalahkan Brasil melalui adu penalti 3-4 setelah sebelumnya tetap imbang 1-1 pada babak pertama, babak kedua, dan sudden death extra time. Pada tahun 2004, tim nasional sepak bola wanita Jerman Junior menjuarai Piala Dunia Wanita FIFA U-19 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand dengan mengalahkan Cina 2-0. Pada tahun 2006 kejuaraan ini diubah dengan menambah batas usia pemain menjadi Piala Dunia Wanita FIFA U-20. Jerman pun hanya sampai perempat final setelah ditundukkan Amerika Serikat 4-1


Salah satu legenda sepak bola yang berasal dari jerman
Franz Beckenbauer Pemain kelahiran Munich, 11 September 1945 ini memulai karirnya sebagai pesepakbola tatkala Beckenbauer berumur 9 tahun dan bergabung dengan tim junior SC Muenchen 06, sebelum akhirnya bergabung dengan FC Bayern Muenchen pada tahun 1958. Perlu enam tahun bagi Beckenbauer untuk memulai debutnya bersama Muenchen. Saat itu ia tampil sebagai sayap kiri menghadapi FC St. Pauli, 6 Juni 1964.

Tepat ketika berusia 20 tahun Beckenbauer memulai debutnya bersama timnas Jerman Barat pada 26 September 1965 dan bermain dalam tiga pertandingan Piala Dunia 1966. Debutnya yang pertama di ajang Piala Dunia ditandai dengan kesuksesannya mencetak dua gol dari lima gol kemenangan Jerman atas Swiss. Meski akhirnya Jerman Barat harus mengakui keunggulan tuan rumah Inggris di babak final.

Prestasi terbaik yang pernah dilakukan Franz beckenbauer adalah dengan mengantarkan Negara jerman sebagai juara Piala dunia 1974. Kemenangan 2-1 atas Belanda di babak final membuat Jerman Barat berhasil menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya. Beckenbauer pun menjadi orang pertama yang mengangkat tropi FIFA untuk pertama kalinya setelah piala sebelumnya, Jules Rimet, menjadi milik Brasil yang telah tiga kali menjadi juara dunia, 1958, 1962 dan 1970.

Antusiasme rakyat jerman terhadap sepakbola
 Antusiasme rakyat jerman terhadap sepak bola Jerman sangatlah tinggi,hal ini bisa dilihat saat Piala Eropa 2008 yang bertempat di Austria,”menjelang penutupan aplikasi pada selasa (12/2)tengah malam waktu setempat,sudah dua juta tiket yang dipesan oleh fans Jerman untuk menyasksikan tim kesayangannya berlaga di 3 laga perdana di babak penyisihan.” (Bola.kompas/2009) sungguh suatu hal yang dapat membuktikan bahwa rakyat Jerman sangat mendukung terhadap sepakbola Jerman.

Dampak sepak bola
Menurut psikolog dari Northumbria University Inggris dalam (v2.rileks.com/2009)
“ Menonton sepakbola itu memiliki dampak positif untuk kesehatan mental. Gara-gara bola, pria jadi lebih mudah mengungkapkan emosinya.,kadar testosteron bisa jadi naik hanya gara-gara nonton bola!”

Tentu saja menonton sepak bola bermaanfaat bagi mental kita ,karena dengan menonton bola kita dapat meluapkan semua emosi yang ada di dalam jiwa kita,saat menonton bola kita bebas berteriak,tertawa bahkan menangis sekalipun ketika tim kesayangan kita kalah.Selain dampak tersebut masih banyak pula dampak-dampak lainnya yang ditimbulkan oleh sepakbola.

Menurut Desmond(1978) dalam (v2.rileks.com/2009)
“sepakbola merupakan upaya kompensasi untuk mengisi kevakuman psikologis yang dirasakan para pemburu di abad 21. Menurut mereka, sepakbola menjadi substitusi untuk acara perburuan yang melibatkan kegiatan fisik hebat dengan risiko dan keriaan luar biasa.”

Sepak bola tentu saja melibatkan kegiatan fisik yang memiliki resiko yang sangat besar karena bisa saja seorang pemain bola cedera karena bertabrakan dengan pemain lain,selain itu sepak bola juga menimbulkan keriaan dan kesenangan bagi penikmat sepak bola.


SIMPULAN

Negara Jerman merupakan sebuah kota maju yamg sangat fanatik dengan sepak bola,Jerman memiliki sebuah tim nasional yang sangat tangguh yang memiliki segudang prestasi dan juga Negara jerman memiliki seorang legenda sepak bola yang tentu saja dikenal oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia.selain itu orang-orang divJerman sangat antusias sekali terhadap sepak bola negaranya.dampak sepak bola itu sendiri bagi para penikmat bola itu sendiri adalah sebagai sarana hiburan dan juga tempat untuk meluapkan segala emosi kita.

REFERENSI:
-Wikipedia.2008.”Tim_nasional_sepak_bola_Jerman”.[online]: Tersedia: http://id.wikipedia.org[28 oktober 2009]
-Wikipedia.2008. ”Tim_nasional_sepak_bola_wanita_Jerman”.[online]: Tersedia: http://id.wikipedia.org[28 oktober 2009]
-Bola.kompas.”dua.juta.orang.sudah.pesan.tiket”[online]: Tersedia: http://bola.kompas.com[28 oktober 2009]
-http ://v2.rileks.com/member/indexext.php?act=dtl&tp=2&ctn=31102006121794
-Desmond.1978.”Dampak sepak bola”.[online]: Tersedia :http://v2.rileks.com[28 oktober 2009]

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top