Minggu, 10 Januari 2010

Pesona Wisata Jerman

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  22.30 2 comments

Oleh: Ima Krismawatri  NIM 09002430
Pendidikan Bahasa Jerman (B)



Pendahuluan

Jangan tanya bagaimana indahnya pesona objek wisata di Jerman. Banyak sekali objek wisata di Jerman yang bisa menyejukkan mata dan membuat pikiran kita lebih segar. Pegunungan yang terdapat disana pun tidak kalah menarik dengan pegunungan yang terdapat di Indonesia, tetapi kondisi penginapan-penginapan yang terdapat disana tidak mendukung sehingga menyulitkan para wisatawan yang akan berkunjung. Yang paling banyak menarik hati para wisatawan adalah pusat kota Jerman. Di pusat kota Jerman ada beberapa objek wisata. Berlin sebagai ibu kota Jerman memiliki banyak objek wisata yang menyimpan catatan sejarah panjang. Dimulai dari Landmark kota Berlin, Brandenburger Tor atau gerbang Brandenburger. Tempat ini seperti menjadi saksi bisu atas bersatunya Jerman yang dipisahkan akibat kekalahan saat Perang Dunia II. Tempat ini sekaligus menjadi tempat yang ideal untuk memulai jalan-jalan mengelilingi kota Berlin.


Pusat Kota

Berlibur di Jerman saat musim panas itu sangat menguntungkan. Panorama yang cantik ketika matahari bersinar terang, dimana cahayanya menembus sela-sela gerbang.

http://cybertravel.cbn.net.id/UserFiles/Image/cybertravel/Time%20Traveller/oktober%2006/berlin2.jpg

Objek wisata yang menjadi tempat andalan Jerman adalah Landmark di Berlin dan Brandenburger Tor atau gerbang Brandenburger. Sebelum mencapai gerbang Brandenburger, para wisatawan biasanya menyusuri Unter den Linden yang dikenal juga dengan Berlin Walk. Unter den Linden bila diterjemahkan artinya di bawah pohon linden. Selain itu ada juga objek wisata Boulevard. Berbeda dengan tempat wisata lainnya, tempat ini patut dijadikan pilihan karena suasananya yang begitu khas dan pusat perbelanjaan terbesar.

Bila dimulai dari gerbang Brandenburg, perjalanan akan menyebrangi jembatan Schloss menuju Schloss Platz. Rute ini dirancang oleh Friedrich Wilhelm dan merupakan jalan utama dari pusat metropolis Kerajaan Prusia.

Bagian timur Unter den Linden kini menjadi objek kunjungan wisata yang menarik. Salah satunya adalah State Opera yang dulunya dipakai sebagai Forum Fridericianum. Dilihat dari segi arsitekturnya tidak diragukan lagi kemegahan dari monumen bersejarah ini kembali abadi.
Selain itu ada objek wisata Boulevard. Tempat ini memiliki sejarah tersendiri. Pada masa pemerintahan Nazi, semua pohon linden yang tumbuh subur menaungi jalan ini diganti dengan tiang-tiang bendera yang mengibarkan bendera-bendera Nazi. Setelah perang berakhir pohon-pohon linden itu kemudian ditanam kembali meskipun pembangunan di bagian barat seperti kehilangan maknanya karena Boulevard ini berubah fungsi sebagai pusat perbelanjaan.

Objek wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi adalah Reichstag. Setelah penyatuan Jerman, diputuskan untuk memindahkan Bundestag dari kota Bonn ke Berlin. Didirikanlah bangunan unik hasil rancangan Sir Norman Foster, bentuknya menyerupai setengah bola yang dindingnya terbuat dari kaca. Reichstag merupakan gedung yang berfungsi seperti Istana Negara di Indonesia ataupun White House di Amerika. Namun, Reichstag memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing dengan bentuknya yang menyerupai setengah bola dan dindingnya terbuat dari kaca.


Menurut Nur Zulaika (2006),

" Gerbang Brandenburger Tor adalah gerbang yang sangat megah, bila Anda beruntung berlibur di musim panas, Anda bisa beruntung mendapatkan panorama yang cantik ketika matahari bersinar terang. " Gerbang ini memang sangat besar, dilihat dari gambar saja sudah membuat hati ingin segera berkunjung kesana. Pantas saja banyak orang yang mengunjungi Btandenburg.




Menurut Alissa Sausan (2003),

" Boulevard adalah pusat perbelanjaan terbesar di negara Jerman. Disini Anda dapat memilih berbagai macam sepatu sesuai keinginan dan menyediakan berbagai pilihan gaun-gaun malam yang indah serta aneka blazer nan elegan. " Pasti saja bila kita sedang berlibur tidak akan lupa untuk menyempatkan diri mendatangi pusat perbelanjaan, apalagi pusat perbelanjaan terbesar dan terkomplit yang ada di negara Jerman. Walau harganya cukup mahal, tetapi membeli satu atau dua barang pun tidak akan jadi masalah.



Menurut Nietche (1968),

" Reichstag adalah salah satu tempat wisata di Jerman yang bersejarah. Selama era Nazi anggota Reichstag terus berkumpul agar dapat merebut gedung Reichstag kembali. " Selain menjadi salah satu tempat wisata, ternyata Reichstag pun menpunyai sejarah yang penting. Ternyata negara Jerman pun pernah mengalami masa-masa perebutan Reichstag dari tentara Nazi.




Penutupan

Setelah mengetahui objek wisata di Jerman ternyata objek wisata tersebut bukan hanya bisa menghibur para wisatawan saja tetapi di tempat-tempat itu banyak sekali menyimpan nilai-nilai sejarah. Banyak bangunan-bangunan yang menjadi saksi pembentukan negara Jerman sampai menjadi negara seperti sekarang ini. Nilai Arsitekturnya pun tidak kalah menarik dengan objek wisata.



Referensi

Zulaika, N.2006." Objek Wisata Andalan Jerman ". [Online]. Tersedia:

‘http :// www.brandenburger.com’

Nietche, A.1968.Reichstag.Jerman : Corlnelsen.

Sausan, A.2003." Pusat Perbelanjaan ". [Online]. Tersedia:

'http://www.boulevard.de'

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

2 komentar:

  1. Lah si gan ni, kok gx d nampakin gambar2 menarik sih,, :-D
    bantu follow blog saya ya gan,,,

    BalasHapus
  2. Thanks for info jangan lupa kunjungi website resmi kami https://bit.ly/2NqTvIl

    BalasHapus

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top