Minggu, 10 Januari 2010

EKSOTIKA JERMAN

Posted by M. Wahyu Hidyat  |  at  21.51 No comments

Oleh: Dahlia Ernawati

Jerman merupakan salah satu negara maju di Eropa Tengah yang memiliki berbagai keistimewaan, sehingga tak heran jika Jerman di jadikan sebagai salah satu tujuan para wisatawan, selebriti, bahkan investor asing sekalipun yang ingin menanamkan saham mereka di Jerman.

Banyak hal yang dapat di jadikan alasan untuk menyukai Jerman. Seperti tempat wisata, dengan Branderburger Tornya yang menjadi ciri khas Jerman. Bangunan, dengan arsitekturnya yang unik dan sangat indah. Industri, terutama dalam hal mesin kendaraan bermotor. Kuliner, hingga bahasanya sekali pun. Maka tak heran jika Jerman menjadi salah satu negara besar di dunia.

Negara yang di juluki sebagai negara pujangga dan pemikir ini juga memiliki sejarah yang menarik. Baik dari sejarah terbentuknya negara, sejarah perang dunia II, Beethoven, Hitler, hingga ilmuan paling hebat, yang di anggap sebagai manusia paling jenius di dunia, Albert Einstein. Semua itu di miliki oleh Jerman. Selama ini Jerman telah melahirkan banyak orang hebat yang memiliki pengaruh terhadap kemajuan Jerman, bahkan kemajuan dunia sekalipun.

Negara yang beribukota di Berlin ini memang tidak salah jika di jadikan buah bibir di seluruh dunia. Banyak orang-orang yang mempelajari Jerman dari berbagai sudut pandang. Bahkan bahasa jerman sendiri sekarang menjadi bahasa internasional kedua yang di kuasai orang-orang setelah bahasa inggris. Itulah sebabnya mengapa saat ini Jerman menjadi negara adidaya yang memiliki banyak keindahan atau eksotika yang membuat decak kagum.


Industri Jerman

Tak dapat di pungkiri jika Jerman menjadi salah satu negara maju terbesar yang mempengaruhi perkembangan bidang industri dunia. Banyak hasil industri Jerman yang telah sukses di dunia internasional. Sehingga di jadikan salah satu acuan orang-orang di dunia untuk tidak selalu berkiblat pada Amerika.
Dengan letak geografis yang berada di jantung Eropa, ini akan membantu Jerman untuk mengembangkan berbagai potensi yang meraka miliki terutama dalam hal industri. Negara yang dikelilingi oleh negara-negara besar seperti Perancis, Italia, Swiss dan Austria ini semakin mengembangkan usahanya yang sangat berpengaruh pada tingkat ekonomi dan keuangan negara.
Salah satu industri Jerman yang sukses yaitu Daimler Chrysler. DC adalah sebuah produsen mobil dan truk yang bermarkas di Stuttgart, di bentuk pada tahun 1998. Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan mobil besar yang terkenal. Selain itu DC juga telah bekerjasama dengan perusahaaan mobil Jepang, Mitsubishi, dengan memiliki 37% saham dan perusahaan mobil Korea, Hyundai. Tak hanya DC, perusahaan yang bergerak di bidang kendaraan, masih ada BMW (Bayrische Motorenwerke), VW (Volks Wagen), serta DC (Deutsche Bahn). Semua itu merupakan hasil dari produksi Jerman.
Apakah Jerman hanya terkenal melalui kendaraannya saja? Tentu tidak. Masih ada indusrti Jerman yang sukses di bidang telekomunikasi yaitu, Nokia Siemens Network. Walaupun perusahaan ini terbilang masih baru, karena didirikan pada tahun 2004, namun menurut data tahun 2005 NSN memperoleh pendapatan 15 Miliyar Euro dan di anggap sebagi perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Hal ini di karenakan NSN telah memiliki pelanggan lebih dari 1400 perusahaan di 150 negara. Sungguh merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.
Tak hanya sampai di situ kesuksean industri Jerman, masih ada Daiemler Chrysler Aerospace AG, yang merupakan perusahaan dirgantara dan menjadi perusahaan yang bergerak sebagai produsen pesawat. Pada tahun 2000 Aerospace AG telah bergabung dan menjalin kerjasama dengan negara tetangga yaitu Perancis dan Spanyol.
Dengan banyaknya perusahaan industri yang sukses di pasaran, hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kehidupan ekonomi masyarakat Jerman.

Menurut pakar ekonomi luar negeri Jerman, Axel Nitschke di www.dw-world.de 2009-10-25

“Kuartal kedua menunjukan perkembangan positif. Tampaknya proses ekonomi terjadi lebih cepat dari pada prognosa mula-mula. Dan untuk tahun depan pertumbuhan sebesar 4% sudah merupakan angka yang sangat optimis. Di Amerika Serikat juga mulai ada peningkatan sehingga ini berarti tren positif bagi ekspor Jerman. Perdagangan luar negeri Jerman juga di topang permintaan dari Cina. Dimasa krisis pun ekonomi Cina akan tumbuh 7% tahun ini dan tahun depan”.

Berdasarkan pernyataan yang di utarakan pakar ekonomi luar negeri Jerman tersebut, memang tidak salah jika Jerman menjadi negara besar yang di perhitungkan dunia. Dengan pendapatan perusahaan industri yang sangat besar tentunya sangat berdampak pada ekonomi rakyatnya. Hal ini sungguh merupakan prestasi yang besar dan patut di contoh oleh negara lain, khususnya bagi negara-negara berkembang yang sedang berusaha memulihkan kondisi perekonomiannya saat ini.


Pariwisata Jerman

Kebanyakan orang mengenal Jerman hanya melalui Bundes Liga atau kendaraannya saja. Namun ada satu hal lagi yang membuat Jerman menjadi negara yang penuh oksotika, tidak lain adalah tempat wisatanya yang sangat menarik. Tempat yang paling terkenal yaitu Brandenburger Tor yang berada di kawasan ibu kota Berlin. Hampir di semua jilid buku, pengumuman atau iklan mengenai Jerman, Burger Torlah yang menjadi pemeran utama. Bahkan bagi semua wisatawan tempat pertama yang ingin mereka kunjungi adalah Burger Tor. Bangunan berupa tembok dengan enam buah tiang ini menjadi keunikan tersendiri bagi para turis.
Masih banyak tempat yang menjadi pusat wisata Jerman. Taman nasional Harz, sebuah tempat yang memperlihatkan sensasi Eropa berupa pegunungan yang memiliki kawasan wisata dan olah raga yang menarik. Selain itu letaknya yang berdekatan dengan Goslar. Goslar adalah tempat terbaik. Walaupun Goslar adalah kota kecil, namun disini tata kotanya sangat rapi. Setiap hari para penduduknya beraktivitas dengan berjalan kaki,hingga udara di kota ini bersih. Disini juga para turis dapat mengakses langsung situs-situs perjalanan di daerah Jerman timur, seperti Quindlenburg dan Woltingerode, Jerman barat seperti Hildesheim hingga kawasan metropolitan Hanover sekalipun.
Selain tempat wisata di atas masih ada tempat rekreasi untuk weekend atau hari libur yaitu Beidepark yang merupakan taman hiburan dengan fasilitas yang lengkap. Tak hanya sampai di situ Jerman menyihir negerinya bak di negeri dongeng, karena tak lengkap rasanya jika tidak mencantumkan yang satu ini. Jerman di kenal dengan kehidupan budayanya yang mempunyai banyak segi. Hingga dari budaya inilah lahir pertunjukan-pertunjukan yang terkenal hampir ke seluruh negara di dunia. Di Jerman terdapat 300 teater tetap dan 130 orkes profesional, antara Flensburg utara hingga Garmisch selatan. Pertujukan yang di tampilkan disini adalah pertunjukan yang bertaraf internasional. Hingga tak salah jika setiap pergelaran selalu di penuhi oleh penonton, baik dari dalam maupun luar negeri.
Namun ada satu tempat yang paling padat oleh pengunjung, Museum. Bagi negara lain mungkin museum adalah tempat yang membosankan, namun tidak bagi Jerman. Masyarakat Jerman adalah masyarakat yang sangat menghargai sejarah, hingga tempat favorit mereka adalah museum. Bahkan ada museum gratis setiap hari minggu, dan selalu penuh. Ada 500 museum seni rupa dengan koleksi yang bertaraf tinggi serta membentuk jaringan museum yang unik yang berstandar internasional. Ini belum termasuk museum seni lukis, musik, film, olah raga dan yang lainnya.

Menurut Joanna Egert (Germany:2001)

“pariwisata German menunjukan kualitas negeri itu dengan meningkatnya kunjungan turis, baik dalam maupun luar negeri. Selain itu, berdasarkan data Deutsche Zentrale fur Tourismus (Bada Pariwisata Nasional Jerman) yang berkedudukan di Frankfurt am Main, pada tahun 2006 hampir 53 juta penginapan wisatawan mancanegara terjadi peningkatan sebesar 10 %”.

Dari fakta di atas, saat ini German menjadi pilihan banyak turis untuk berlibur. Negara yang memiliki banyak taman dengan di penuhi buah-buahan ini telah menunjukan jika Jerman memiliki segalanya untuk di perlihatkan kepada dunia. Hal ini juga menunjukan jika Jerman benar-benar telah pulih dari berbagai kemelut dan masalah yang selama ini di anggap sebagai penghalang Jerman untuk masuk dunia internasional.


Mode atau Fashion Jerman

Walaupun pusat mode dunia berada di kota Milan (Italia) dan Paris (Perancis) namun jangan salah, saat ini adibusana made in Germany telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keguatan peragaan mode internasional. Banyak produk-produk busana Jerman yang telah di pasarkan ke luar negeri. Model-model kelas dunia pun tak segan untuk memamerkan busana karya perancang Jerman.
Sejak sepuluh tahun lalu nama-nama produk mode Jerman meraih sukses di pasaran. Nama yang paling banyak di kenal orang adalah Boss dan Strenesse. Bahkan sekarang merk Wolfgang Joop dan Escada terhitung sebagai “global players” yang berarti kedua merk fashion tersebut kini menjadi salah satu icon mode. Joop kini meraih sukses yang lebih besar dengan label terbarunya yaitu “Wunderkind Couture”.

Menurut Bernhard Roetzel seorang ahli fashion Jerman di www.tribuntimur.com 2009-10-25

“ini dapat di buktikan pada pertunjukan gala dan pesta dansa di Bayern, München serta di Frankfurt tak jarang terlihat seperti peragaan model ciptaan perancang mode Jerman. Banyak para model yang berbadan langsing bahkan terlalu kurus berjalan di catwalk dengan memamerkan busana rancangan Jerman”.

Dengan berbagai kesuksesan yang telah di raih oleh dunia fashion Jerman tersebut, merk-merk busana seperti Boss dan Escada sudah menjadi trendmark di kalangan pecinta mode. Bahkan mungkin tak banyak orang tahu bahwa kota Hamburg merupakan pusat mode di Jerman. Di kota ini banyak terdapat outlet-oetlet yang siap memanjakan para pelanggannya dengan mode-mode keluaran terbaru. Maka tak ada salahnya jika para wisatawan mancanegara yang selama ini pergi ke Milan atau Paris sekarang berubah haluan berbelanja di Jerman.


Arsitektur Jerman

Jika kita perhatikan di peta, Jerman terletak di tengah benua Eropa. Disebelah utaranya membentang laut baltik dan laut utara. Semakin ke selatan sampai keatas dapat kita temui puncak Alpen di Bayern. Selain itu juga di kelilingi oleh negara besar lain, seperti Belanda, Denmark, Italia, Belgia, Perancis, Swiss dan Austria. Letak yang strategis inilah yang membuat seni arsitektur Jerman sangat mempesona.
Hampir seluruh kotanya mempunyai design bangunan yang indah. Salah satu yang dapat kita temui adalah di ibu kota Berlin, kita dapat melihat arsitektur dunia pada lahan yang sempit sekalipun. Berlin merupakan saksi sejarah bersatunya kembali Jerman barat dan Jerman timur pada 13 Oktober 1990 yang di peringati sebagai hari kemerdekaan Jerman serta yang paling di kenal adalah sisa reruntuhan tembok Berlin.
Jerman memiliki seni arsitektur yang luar biasa. Dari waktu ke waktu seni arsitektur Jerman semakin menunjukan perubahan yang dominan, dari zaman Egon Eiermann, Karl Legerfeld, Luigi Colani hingga era Mies van der Rohe. Jika dulu sifat jernih dan fungsional masih tetap di anggap sebagai prinsip design dan arsitektur Jerman, kini ciri tersebut ditambah dengan sifat-sifat menawan dan halus.
Banyak arsitektur Jerman yang telah menorehkan prestasi di dunia internasional. Bahkan Mies Rohe telah menjadi otak kreatif rumah mode Chanel di Paris. Metropolitan Museum of Art di New York menyelenggarakan pameran besar mengenai karyanya. Seni arsitekturnya memiliki banyak pusat regional. Hamburg pun tak kalah dari Berlin atau Munchen.
Dalam hal arsitektur bangunan, Hamburg mempunyai tatanan kota yang apik dan menarik. Terlebih arsitektur bangunan-bangunan tua dan modern berdiri kokoh dengan penuh nilai historis. Perkembangan seni arsitektur memang tidak akan pernah habis untuk di bicarakan.

Menurut Joseph Paul Kleihus di www.goethe.de 2009.10.26

“Simbol arsitektur baru Jerman yang setelah Perang Dunia II menjadi lebih sederhana dan lebih percaya diri. Setelah setengah abad cenderung fokus di satu tempat, fokus belakangan ini berpindah namun tetap pada fokus Jerman sendiri seerti mode arsitektur yang ekologis. Dan yang paling menakjubkan adalah eksplorasi energi matahari dan sumber-sumber regeneratif lainnya. Sehingga atas dasar ini di bangun rumah-rumah yang tidak menghasilkan enrgi, tetapi sebaliknya membat energi matahari menjadi tenaga listrik. Ini sungguh merupaka satu hal yang sangat mengagumkan”.

Mengubah energi matahari menjadi energi listrik adalah suatu fikiran yang sangat hebat dan penuh dengan perhitungan yang bermanfaat bagu banyak orang. Ini juga akan menghindari cara membangun yang merusak iklim dan ramah lingkungan. Jerman berada paling depan dalam metode konstruksi yang ramah lingkungan. Dengan demikian Jerman seperti sebelum-sebelumnya tetap menjadi tempat yang penting bagi arsitektur dunia yang dari berbagai segi memang patut di kunjungi.


Kuliner Jerman

Tidak hanya karena benda seni dan bangunan bersejarah yang dapat di kagumi dari negara yang terkenal dengan Hitler ini. Jerman sendiri di kenal dengan masakannya yang lanskap dan memiliki banyak variasi. Orang Jerman sendiri sebenarnya lebih sering mengkonsumsi junk food atau makanan siap saji. Namun apakah ini berarti Jerman tidak mempunyai makanan sehat atau makanan khas? Jawabannya tentu tidak.
Bahkan Jerman tidak memiliki jenis makanan yang seragam, melainkan sejumlah besar masakan khas daerah, seperti ikan sprotten kiel hingga sosis putih manis dari Munchen. Juru masak terkemuka di Jerman pun kini mengembangkan masakan daerah. Setelah Perancis, Jermanlah yang memiliki banyak restoran berbintang tiga.
Tidak usah khawatir, karena Jerman juga masih mempunyai makana yang bergizi, seperti paha babi panggang dengan bulatan kentang bavaria atau daging iga dengan kol asin dari Hessen. Makanan tersebut lebih bervariasi dan lebih sadar kesehatan di banding makanan siap saji.
Mslah sering timbul pada para turis muslim yang bingung mencari makanan halal. Namun hal itu tidak berarti karena sekarang telah banyak berdiri restoran-restoran halal, khususnya restoran Turki. Karena kebanyakan pelancong di Jerman adalh orang Turki. Tetapi ini pun tak berarti orang muslimtidak bisa makan di restoran Jerman. Karena terdapat banyak pilihan, seperti sayuran, buah, ayam, ikan dan kue.
Negara asal Blackforest Cake ini sangat terkenal dengan anggur Rieslingnya. Sejak awal milenium baru anggur Riesling mengalami peningkatan hingga ke luar negeri. Jenis anggur itu kini termasuk persediaan standar terbaik di seluruh restoran berbintang di dunia. Antusiasme para pakar mengenai keajaiban anggur Riesling bersumber pada sifatnya yang ringan dan recik-recik.

Juru masak terkenal Jerman Heinz Winkler di www.tatsachen-euber-deutschland.de 2009.10.26 berkata

“Masakan kami kini memiliki banyak variasi pilihan. Baik dari jenis, rasa, bahan hingga penyajian dari masing-masing daerah. Seperti di Erfurt, makanan istimewanya adalah hati angsa yang di beri lapisan nanas berbumbu merica. Hidangan ini kini menjadi yang khas di Jerman, karena para koki disini semakin suka menggabungkan selera seluruh dunia”.

Dengan variasi yang beraneka ragam dan ditamah dengan ide kreatif para koki, kuliner Jerman tidak kalah dari kuliner Italia atau Belanda. Semakin banyak karya yang di hasilkan, akan semakin menambah daya tarik wisatawan untuk mencicipi kuliner Jerman. Apalagi di tambah dengan semakin banyaknya restoran yang menyediakan makanan halal, akan semakin memperkuat citra negara Jerman.


Perayaan atau Festival di Jerman

Masyarakat Jerman di kenal sebagai orang yang gemar bahkan sering mengadakan perayaan. Setiap kota pasti mempunyai kalender festival dan perayaan masing-masing, baik tradisional maupun modern. Dalam satahun mereka bisa merayakan festival dan perayaan lebih dari dua puluh kali.
Kebanyakan perayaan di Jerman melbatkan seluruh masyarakatnya. Salah satu yang menjadi cir khas Jerman adalah Oktoberfest. Oktoberfest adalah sebuah festival berdejarah tradisional khas Jerman yang di rayakan setiap tahun pada bulan September dan Oktober di kota Munich. Dalam festival in biasanya di gelar pesta dengan menikmati minuman bir, menarikan tarian rakyat dan menyanyikan lagu-lagu tradisional dan nasional Jerman selama lebih dari enam belas hari, dimana jutaan orang di seluruh dunia berkumpul di Munich setiap tahunnya.
Selain itu masih ada Rheingau Musik Festival adlah festival musik tahunan yang bertempat di sebuah lanscape vineyards bernama Eberbach Abbey yang merupakan kawasan perbukutan tempat dimana anggur terbaik Jerman ditanam. Musik dari shympony orchestra seperti The Beautiful Magelone, Isabelle Moreti, Harp, Quotuor Ebéne, John McLaughlin dan Tungararila Shympony di malam hari.
Masih banyak festival lainnya di Jerman. Ada Tagline sebuah festival opera dibawah kepiawaian Richard Wagner yang membawa rasa tenang duduk di kursi sambil merasa kembali ke abad-19. Festival fotografi-Photokina kerap di datangi fotografer kelas dunia. Disana terdapat ratusan display foto hasil jepretan fotografer profesional maupun amatir, lelang foto hingga penganugerahan foto terbaik.
Yang paling menarik adalah bahwa orang Jerman memiliki perayaan tahunan atan Jahrmarkt di Westphalia dan di Bayern. Disini ada karnaval, yang semua orang memakai kostum unik,baik dari tokoh kartun, pahlawan atau badut sekalipun. Ribuan orang selalu ramai menghadiri karnaval ini.
Maret-Mei adalah musim semi, selama itu ada perayaan Hamburger Dom (festival daerah terbesar), Leipzig Buchmesse, Dixieland Festival, Rhein in Flammen dan Mailbaumaufstallen. Juni-Agustus musim panas. Ini saatnya festival di lapangan, seperti Open Air Saison, Kieler Woche atau Christopher Street Day. Musim gugur terjadi pada bulan September-Oktober dan merayakan festival kultur, Berlin Marathon, Internationales Staekonfest, Frankfuter Buchmesse (pameran buku terbesar di dunia yang menampilkan buku dari suluruh penerbit dunia), St Leonard’s Day dan Mannheim & Heidel. Tiba pada bulan November-Januari adalah natal putih karena salju ada dimana-mana dan yang paling di tunggu adalah ski di pegunungan Alpen, Four Sky Jumps Tournament.

Menurut Carto Travel (Die Schönsten Freizeit und Erlebnisparks in Deutschland : 2002)

“festival adalah hal yang paling menyenangkan dan di nanti oleh setiap waga Jerman. Saat ini mungkin Jerman adalah negara yang paling banyak mengadakan festival bagi rakyatnya.”

Karena festival adalah salah sau hal yang signifikan, maka tak ada salahnya jika hal ini juga terus di lestarikan. Selain unik dan menyenangkan, festival dan perayaan yang di adakan juga bisa di jadikan cara untuk memikat para wisatawan mancanegara, agar Jerman lebih dikenal masyarakat dunia. Dengan berbagai kelebihan ini Jerman sudah termasuk ke dalam negara yang memang patut untuk di perhitungkan di dunia internasional.


REFERENSI

Romanowska, Joanna Egert., Omilanowka, Malgorzata. & Dorling. 2001. Germany. London : Kindersley Limited.

Travel, Carto. 2002. Die Schönsten Freizeit und Erlebnisparks in Deutschland. Deutsch : Bad Soden.

http://www.tataschen-euber-deutschland.de , diakses 20 Oktober 2009
http://www.tribuntimur.com , diakses 25 Oktober 2009
http://www.goethe.de , diakses 26 Oktober 2009
http://www.dw-world.de , diakses 25 Oktober 2009

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

    Featured Post (Slider)

    Powered by Blogger | Big News Times Theme by Basnetg Templates

    Total Pageviews

    Blogroll

    Followers

    Featured Posts Coolbthemes

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Blogger news

    (Tab Widget 2)

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Translate

    Search This Blog

Text Widget

© 2013 give it a shot. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top